Tips Memilih Asuransi yang Tepat untuk Properti Pribadi

Share:

Melindungi aset properti yang dimiliki sama pentingnya dengan melindungi diri dari  peristiwa yang tidak diinginkan. Meski begitu, belum banyak masyarakat yang mengenal produk perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan properti pribadi yang dimiliki. Salah satu produk perlindungan yang bisa Anda coba adalah asuransi properti, yang bertujuan untuk melindungi aset berharga Anda, berupa rumah, ruko, apartement, maupun aset lainnya.


Namun dalam proses memilih perlindungan yang tepat tidaklah mudah. Beragamnya manfaat yang diberikan oleh tiap perusahaan asuransi menambah daftar panjang apa saja yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum membeli polis. Berikut tips sederhana dalam memilih perlindungan yang tepat untuk properti Anda, simak ulasannya sebagai berikut.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan. Hal yang paling utama dalam menentukan produk asuransi yang ingin dibeli adalah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika properti yang ingin dilindungi rentan terkena musibah kebakaran, maka perlindungan yang nantinya diberikan oleh asuransi haruslah meng-cover perlindungan terhadap musibah kebakaran, begitu juga dengan risiko lainnya. Untuk itu, Anda perlu benar benar mengetahui risiko apa yang mungkin terjadi dan bentuk perlindungan apa yang dibutuhkan terkait hal tersebut. Meski begitu, Anda tidak perlu memasukkan semua jenis perlindungan yang Anda butuhkan karena nantinya bisa memberatkan biaya premi yang harus dibayarkan.

  • Detail manfaat yang diterima. Tiap perusahaan asuransi umumnya memberikan beragam manfaat yang bisa saja berbeda satu sama lain. Untuk itu, Anda harus mencermati dengan teliti manfaat dari perlindungan yang akan anda terima dan membandingkannya dengan satu sama lain. Periksa juga premi atau harga yang perlu Anda bayarkan, dengan begitu Anda dapat menseleksi produk asuransi yang memberikan manfaat sesuai kebutuhan dengan harga premi yang tidak terlalu mahal.

  • Syarat dan prosedur klaim. Baca dengan teliti polis asuransi yang Anda terima. Hal ini penting untuk menghindari situasi di mana klaim bisa saja ditolak karena alasan persyaratan yang belum sesuai. Diskusikan dengan agen asuransi atau orang terdekat Anda jika ada beberapa hal yang perlu ditanyakan. Memahami polis dengan baik menjadi kunci maksimalnya manfaat asuransi yang nantinya Anda terima.

Itu dia beberapa tips untuk Anda sebelum membeli asuransi perlindungan untuk properti pribadi yang Anda miliki. Pastikan properti yang ingin Anda lindungi sudah legal dan tidak dalam kondisi sengketa. Selain itu, Anda juga harus mengetahui harga aset yang Anda miliki, karena dalam prosesnya, harga aset menjadi salah satu yang ditanyakan oleh perusahaan asuransi dalam berkas pengajuan. Ajukan perlindungan asuransi di perusahaan yang memiliki rekam jejak atau reputasi terbaik untuk menghindari beragam risiko lain seperti klaim asuransi yang sulit atau perlindungan yang tidak maksimal.

Referensi:

No comments