Muara Takus – Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Riau

Share:

Tahukah kamu, Provinsi Riau yang dikenal menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia, ternyata memiliki candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya bernama Candi Muara Takus. Candi ini terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar Provinsi Riau atau kurang lebih jaraknya sekitar 135 km dari hotel di Pekanbaru.



Mengutip Wikipedia, Candi Muara Takus merupakan salah satu candi tertua di Sumatra dan menjadi satu-satunya peninggalan sejarah berbentuk candi di Provinsi Riau. Dulunya, candi ini dibangun menggunakan batu bata, batu sungai, dan batu pasir. Berbeda dengan candi-candi di Pulau Jawa, yang terbuat dari batu andesit yang diambil langsung dari pegunungan.

Bangunan utama di kompleks candi ini adalah stupa besar berbentuk menara yang terbuat dari campuran antara batu pasir kuning dan batu bata. Di dalam candi, terdapat 4 candi besar, yakni:

Candi Tua

Candi Tua atau disebut juga Candi Sulung merupakan candi terbesar di antara candi lainnya di kompleks Candi Muara Takus. Candi ini terbagi menjadi tiga bagian, yakni atap, badan, dan kaki. Candi ini terbuat dari batu bata yang dicampur dengan batu pasir. Tangga masuk candi ini didekorasi dengan arca singa.

Candi Bungsu

Bentuk Candi Bungsu ini tidak jauh berbeda dari Candi Tua, hanya saja bagian atas candi berbentuk segi empat. Bagian utara dari bangunan candi ini terbuat dari batu pasir, sedangkan bagian selatan terbuat dari batu pasir. Di dekat candi ini terdapat stupa-stupa kecil dan anak tangga yang terbuat dari batu putih.

Yang menarik adalah di candi ini juga ditemukan sebuah lubang yang di dalamnya ada abu dan tanah. Di dalam abu tersebut ditemukan tiga keping potongan emas, satu kepingnya lagi ada di dasar lubang.

Candi Mahligai

Bisa dikatakan, Candi Mahligai merupakan bangunan candi yang dianggap paling utuh dan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu badan, kaki, dan atap, Di candi ini terdapat ornamen lotus ganda, bangunan Menara Silindrik, dan dulunya pada keempat sudut fondasi candi terdapat 4 arca singa dalam posisi duduk.

Candi Palangka

Candi yang terletak di bagian sisi timur Stupa Mahligai ini terbuat dari batu bata dan memiliki pintu masuk menghadap ke arah utara. Pada masa lampau, candi ini kerap digunakan sebagai altar.

Candi Muara Takus merupakan bangunan suci agama Buddha karena terdapat stupa-stupa yang mengelilinginya. Uniknya, stupa-stupa tersebut tidak memiliki kesamaan bentuk dengan candi lainnya di Indonesia. Namun, bentuknya mirip dengan Stupa Buddha di Vietnam, Myanmar, hingga Sri Lanka.

So, mau melihat keindahan Candi Muara Takus? Yuk, rencanakan liburan ke Pekanbaru!

No comments